Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service Bank

Advertisements
Advertisements
Pernahkah kamu pergi ke bank untuk membuka rekening tabungan, maka kamu akan di arahkan ke bagian customer service, seorang customer service harus mampu berkomunikasi yang baik, ramah dan sabar pada saat menghadapi nasabah, dengan begitu nasabah akan merasa nyaman yang berdampak positif bagi sebuah perusahaan khususnya perbankkan, customer service bisa seorang pria maupun juga seorang wanita

Pengertian Customer Service

Pengertian customer service adalah posisi jabatan yang bertugas untuk memberikan pelayanan serta kepuasan kepada pelanggan, memberikan informasi dan menyelesaikan keluhan tentang produk yang dihadapi oleh tamu atau nasabahnya, Inilah beberapa tugas seorang customer service pada perusahaan perbankkan :

frontline, teller, kasir, receptionist, customer service bank

Tugas Customer Service Bank

1. Memberikan penjelasan nasabah/calon nasabah atau investor mengenai produk-produk maupun syarat-syaratnya maupun tata cara prosedurnya.
2. Melayani pembukaan rekening giro dan tabungan sesuai dengan permohonan investor.
3. Melayani percetakan cek atau bilyet giro.
4. Melayani permintaan nasabah untuk melakukan memblokiran, baik rekening giro maupun tabungan.
5. Melayani penutupan rekening giro atas permintan investor sendiri karena ketentuan bank (yang telah disepakati investor) maupun karena peraturan Bank Indonesia.
6. Melayani permohonan penerbitan dan pencairan deposito berjangka dari investor.
7. Melayani investor yang butuh invormasi tentang saldo dan mutasi rekeningnya.
8. Melayani investor dalam permintaan „standing order‟ atau instruksi pembayaran berjangka lainnya.
9. Melayani investor yang menginginkan pindah ke Cabang lain.
10. Melayani nasabah dalam hal ada permintaan advice / tembusan rekening giro.
11. Melayani nasabah dalam hal pelayanan jasa-jasa bank saperti transfer, inkaso, pemindah-bukuan antar rekening nasabah, auto save, surat refrensi bank, dan sebagainya.
12. Melayani transaksi transfer masuk berikut melakukan pemeriksaan kebutuhan tanda bukti dari nasabah dengan data-data yang ada pada Surat Pembritahuan Kiriman Uang (SPUK) dan membubuhkan paraf pada SPUK.
13. Memberikan usulan-usulan kepada manager pemasaran untuk perbaikan pedoman/ketentuan tentang pelayanan kepada nasabah/investor.
14. Menyiapkan administrasi berupa kartu-kartu yang diperlukan untuk pelayanan kepada nasabah/investor, Mengiplementasikan budaya SIFAT, Input data customer facility
15. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang ditunjuk atasan

Baca Juga :
Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer (AO)
Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank

Kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang customer service bank

1. Mampu berkomunikasi yang baik karena tugas utama berhadapan langsung dengan nasabah
2. Keramahan kepada nasabah supaya nasabah betah saat diberikan penjelasan
3. Tanggap akan informasi yang diperoleh
4. Good looking
5. Tidak temperamental harus sabar dan mampu mengontrol emosi
6. Menjadi seorang pendengar yang baik kepada para pelanggan
7. Pendidikan menyesuaikan kebutuhan perusahaan
8. Pengalaman dan fresh graduate dapat apply
9. Mampu mengoperasikan computer minimal Ms. Office
10. Bersedia ditempatkan diarea perusahaan

Tips Lolos Menjadi Customer Service Bank

1. Berpenampilan menarik
2. Mengasah kemampuan berkomunikasi
3. Berpakaian rapi
4. Tatanan rambut yang rapid an sesuai
5. Gunakan parfum tetapi jangan berlebihan
6. Kuasai bank dan produknya
7. Latihan promosi
8. Jaga pola makanan dan kesehatan
Advertisements

Artikel Terkait Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service Bank :

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish